Selamat Datang di Website Resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh

Kekompakan Tim jadi Kunci Sukses Media Center Diskominfo Aceh

Kategori : Pemerintahan Kamis, 23 Juli 2020 - Oleh admin

Banda Aceh, InfoPublik - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh Marwan Nusuf berbagi kisah sukses Media Center dalam berkontribusi aktif pada portal berita InfoPublik selama tahun 2019.

Kisah sukses ini ia bagikan saat menjadi narasumber webinar secara daring dengan tema Media Center Sebagai Humas Pemerintah, Rabu (22/7/2020).

Marwan menyebutkan, kekompakan tim menjadi kunci utama. "Kita terus bekerja sama dengan instansi-instansi vertikal untuk membangun komunikasi publik dan memberitakan informasi positif tentang Aceh," ungkap dia.

Kunci kedua, lanjut Marwan, adalah prinsip satu untuk semua dan semua untuk satu dalam menjalankan tugas dengan berintegritas. Dukungan penuh pimpinan membuat kinerja tim semakin kuat. "Kita menggunakan prinsip one for all dan all for one dengan berintegritas mulai dari kepala dinas sampai ke staf," katanya.

Ia juga menerapkan rumus ATM yaitu adopsi, tiru dan modifikasi. "Artinya, apa yang sudah bagus di tempat lain kita adopsi dan sedikit modifikasi sehingga bisa memaksimalkan pekerjaan," imbuh dia.

Kunci sukses lain, ungkap Marwan, yakni penerapan manajemen perencanaan yang baik. "Kita menggunakan berbagai rencana dalam pekerjaan. Jika rencana satu gagal, ada rencana kedua dan seterusnya menurut kondisi agar tujuan pekerjaan tercapai," sebut dia.

Kunci-kunci itu, jelas Marwan, digunakan oleh tim Media Center yang terdiri dari 8 personel dari internal Diskominfo dalam berkarya. Jika melihat komposisi tim, ia sempat kurang optimis bahwa Media Center bisa mendapatkan peringkat.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan peringkat kedua sebagai media center daerah yang telah berkontribusi aktif dalam pembuatan konten berita, dan mendapatkan juara kedua foto terbaik pada portal berita InfoPublik selama 2019. Di tahun 2019, kita mendapatkan peringkat empat kategori Media Center teraktif dalam pengiriman berita kategori Provinsi se-Indonesia," ungkap dia.

Bagi Marwan, bukan penghargaan yang sebenarnya dicari. Penghargaan ini kata dia, merupakan cerminan dan menjadi motivasi untuk Diskominfo Aceh agar lebih meningkatkan kinerja dalam rangka pelayanan publik.

Selama tahun 2019, ada 2.027 berita yang tayang dari 2.229 berita yang dikirim ke InfoPublik, sementara tahun 2018, ada 1.203 berita yang tayang dari 1.369 berita yang dikirim.

InfoPublik.id merupakan portal berita yang dikelola oleh Sub Direktorat Media Online, Direktorat Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Portal berita ini menayangkan berita dari seluruh media center di Indonesia.