Selamat Datang di Website Resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh

Diskominfo Aceh Gelar Pelatihan Aplikasi PPID Versi Terbaru

Kategori : Daerah Selasa, 16 Juli 2019 - Oleh rahmad

Banda Aceh | Sejumlah petugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) mengikuti pelatihan lanjutan Simulasi Layanan Permohonan Informasi melalui aplikasi PPID versi 4.0, di Aula Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, Selasa (16/7/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan petugas dari berbagai instansi untuk mengelola dokumen informasi publik secara digital supaya tertata dengan rapi dan terpusat.

Dalam acara tersebut, Fahmi pemateri dari Diskominfo dan Persandian Aceh, menjelaskan tentang kinerja aplikasi versi terbaru setelah adanya banyak perbaikan sesuai kebutuhan dari amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Aplikasi terbaru ini memang berbeda dari aplikasi yang lama terutama dari segi pendokumentasiannya yang selama ini belum terpusat, kemudian setiap pemohon informasi bisa langsung tercatat dan menggunakan metode paperless untuk mengurangi penggunaan formulir permohonan lewat kertas.

Perbedaan tersebut, lanjut Fahmi, semakin memudahkan kinerja petugas PPID untuk melayani dan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi publik.

Sementara itu, Zainal Mahyar dari tim Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT) sebagai salah satu pengembang mengatakan, aplikasi PPID sangat membantu petugas untuk mengumpulkan data masyarakat Aceh dari berbagai daerah secara sistematis.

“Aplikasi PPID ini sangat selektif dalam menyeleksi data yang dikirim pemohon, apabila biodata yang dikirim pemohon salah. Langsung bisa diverifikasi, jika sudah diverifikasi dan layak baru lolos ketahap selanjutnya,” sebutnya.

Selain itu, masyarakat yang sudah mengirimkan surat pemohonan akan mendapatkan balasan dari instansi yang dituju paling lambat dalam sepuluh hari awal pengiriman.

Masyarakat Aceh dari berbagai daerah sudah bisa membuat surat permohonan kepada semua instansi yang diinginkan secara online. (sy/cw)