Selamat Datang di Website Resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh

Pemerintah Optimis Freediving Bakal Mendapat Tempat di Sabang

Kategori : Daerah Jumat, 02 November 2018 - Oleh rahmad

Sabang | Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018 diharapkan menjadi momentum penting untuk memperkenalkan Sabang secara khusus dan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegera ke Aceh.

Kegiatan internasional yang diikuti 40 peserta dari 23 negara tersebut merupakan lanjutan dari Sail Sabang yang digelar pada 2017 lalu.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Amiruddin saat memberikan sambutan di open ceremony SIFC 2018 yang berlangsung di Hotel Mata Ie Resort, Sabang, Jumat (2/11/2018). 

Kegiatan tersebut dipusatkan di pelabuhan Balohan Sabang sejak 3-8 November 2018. "Sabang sangat mendukung kegiatan internasional," katanya.

Selain itu, SIFC 2018 juga diharapkan menjadi momentum untuk menyampaikan pesan kepada wisatawan mancanegara, bahwa Sabang tidak hanya dikenal luas sebagai destinasi wisata bahari, khususnya kegiatan wisata kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht), tapi juga spot terbaik untuk atraksi wisata freediving.

Amiruddin optimis jika Sabang bakal menjadi spot terbaik dunia untuk kegiatan freediving. Hal ini diperkuat dengan beberapa faktor pendukung. "Pertama, Teluk Balohan memiliki kedalaman sekitar 143 meter dan sangat layak untuk kegiatan pelatihan freediving," katanya.

Selain memiliki kedalaman dan keadaan laut yang tenang, Teluk Balohan juga aman dari tekanan arus kuat (Blue Holes). Faktor lain adalah keramahan masyarakat Sabang yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

"Bebas minuman keras dan narkoba serta kehidupan malam, sehingga menjadi daya tarik utama bagi peserta freediving untuk berkonsentrasi pada pelatihan freediving," katanya. (hd)