Selamat Datang di Website Resmi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh

Aceh Siap Jadi Tuan Rumah PON XXI

Kategori : Daerah Minggu, 04 Maret 2018 - Oleh rahmad

Banda Aceh| Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, mengungkap kesiapan Aceh untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI tahun 2024 bersama Sumatera Utara. Kesiapan Aceh itu diungkap Irwandi dalam Konferensi Pers di Restoran Pendopo Gubernur, Minggu (4/3).

Irwandi menyebut, dari hasil tinjauan tim penilai dan verifikasi, fasilitas atau venue untuk PON telah siap digunakan sebanyak 70 persen. Sisanya akan disiapkan mulai tahun ini.

Berbagai langkah strategis akan diambil oleh Pemerintah Aceh untuk memenangkan bidding tuan rumah PON seperti lobi-lobi politik.

"Selain memastikan kesiapan para atlet, kita juga melakukan lobi politik ke pemerintah pusat agar Aceh jadi tuan rumah PON," ujarnya.

Sementara itu, Ketua tim penilai dan verifikasi calon tuan rumah PON XXI tahun 2024 Marsekal Muda (Purn) Suryadarma melaporkan hasil kunjungan faktual ke beberapa Kabupaten dan Kota di Aceh. Selama 3 hari turun ke lapangan, timnya menyimpulkan Aceh secara fisik sudah siap dan layak jadi tuan rumah PON.

"Meski begitu, ini belum final. Perlu ada langkah konkrit untuk meyakinkan pemerintah pusat karena keputusan penunjukan tuan rumah PON ada di tangan Presiden," jelasnya.

Selain Aceh dan Sumatera Utara, Suryadarma menyebutkan ada Bali bersama NTB dan Kalimatan Selatan yang menjadi peserta bidding tuan rumah PON XXI tahun 2024. Dijawdalkan, penunjukan tuan rumah itu akan diumumkan dalam Musyawarah Luar Biasa KONI Pusat pada tanggal 5 sampai 7 Aril mendatang. (Rd/Wan/Ri)